penyakit-kaki-gajah
Kaki gajah atau filariasis merupakan sebuah penyakit berbahaya yang dapat menular. Penyebab penyakit kaki gajah ini ditularkan melalui cacing filarial yang dibawa oleh berbagai jenis nyamuk. Umumnya, penyakit ini terdapat di daerah tropika yang ada diseluruh dunia. orang yang menderita penyakit gejala ini, akan mengalami pembengkakan dan pembesaran pada bagian tungkai kaki serta skrotum.

Penyakit kaki gajah ini tergolong penyakit menular, sebab nyamuk yang telah menghisap dan menggigit orang yang darahnya mengandung mikrofilaria, menggigit lainnya. Gejala awal penyakit kaki gajah ini, biasanya dimulai dengan demam kurang lebih 3 hingga 5 hari. Jika digunakan untuk beristirahat, maka demam akan mereda, namun jika dipakai bekerja berat, demam pun akan muncul kembali.

Selain demam yang tiba-tiba, gejala tersebut juga bisa berupa pembengkakan pada daerah kaki serta tangan. Bahkan pada wanita, akan mendapati bagian payudara yang juga ikut membengkak. Ketika kelenjar getah bening memecah, maka nanah dan darah pun akan keluar.

Dan penyakit kaki gajah ini menjadi masalah yang terus ditangani di Kalimantan Selatan. Salah satu tindakan pencegahan yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin melalui pemberian bantuan obat dari pusat dan kegiatan operasionalnya dibantu APBD Tapin diberikan secara masal untuk mencegah dan memberantas penyakit kaki gajah. Dimulai secara serentak pada hari Sabtu (23/8/2014) pagi pukul 09.00-14.00 wita dilakukan di 13 Puskesmas di desa masing-masing dengan jumlah penduduk sekitar 169.065 jiwa.

Meski pengobatan massal, tetap ada kriteria, seperti anak di bawah 2 tahun, dan ibu hamil tidak diperkenankan mendapat pengobatan ini dan beberapa kriteria lainnya. Pencegahan penyakit kaki gajah secara besar-besaran ini dilakukan karena Tapin dianggap daerah endemis atau daerah yang masih ditemukannya penderita kaki gajah.

Sumber: sehatcenter.com , banjarmasin.tribunnews.com


0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.