water tank

Mengapa Debu bisa menjadi masalah?

Debu-debu tambang yang tidak diatasi dengan baik, dapat menimbulkan ancaman besar bagi masyarakat, lingkungan dan mesin di tambang. Itulah sebabnya debu merupakan aspek penting dari setiap usaha pertambangan.

Yang berdampak pada kesehatan para pekerja tambang maupun masyarakat yang berada diluar area sekitar tambang antara lain, dapat mengganggu, debu menciptakan buruknya jarak pandang, dan  keracunan, peradangan pada mata serta gangguan pada saluran pernafasan manusia karena terjadinya penimbunan partikel-partikel debu/paru-paru berdebu (Particulate matter 10 ?m atau PM 10) pada paru-paru. .

Dari pengaruh terhadap peralatan, debu tambang dapat menimbulkan kerusakan alat atau mesin-mesin tambang serta kehilangan produksi akibat mesin downtime. Lebih jauh daripada itu debu-debu tambang dapat menjadi pemicu kebakaran dan ledakan yang cukup besar dan berbahaya.

Debu dapat berasal dari tanah yang difungsikan sebagai sarana jalan darat atau debu yang berasal dari bahan yang diangkut, misalnya tanah galian atau batubara. Polusi tersebut jika tidak diatasi bisa mengganggu penduduk yang berada di sepanjang jalur transportasi menuju tempat tujuan akhir.

Debu di operasi penambangan dapat disebabkan oleh truk yang dikemudikan di jalan, operasi crushing batubara, operasi pengeboran dan terganggu oleh angin yang bertiup di atas wilayah pertambangan.

Ketika mempertimbangkan risiko terhadap tenaga kerja dan mesin, sangat penting bahwa suatu sistem manajemen pengendalian debu harus sudah tersedia di tambang dan di lokasi lain di mana debu merupakan suatu masalah.

Debu bisa dikendalikan dengan menyiramkan air ke jalanan, stok dan konveyor. Langkah lain juga bisa diambil, termasuk latihan pemasangan dengan sistem pengumpulan debu dan membeli lahan tambahan disekitar tambang untuk bertindak sebagai zona penyangga. Pepohonan yang ditanam di zona penyangga tersebut juga bisa menekan dampak pandangan negatif dari operasi penambangan terhadap masyarakat setempat.

Pengendalian debu yang efektif

Dust Boss
DustBoss® products
Kontrol debu yang efektif menjadi semakin penting untuk operasi pertambangan dan penangan material massal di seluruh dunia, diakui sebagai kunci untuk keselamatan pekerja, perlindungan lingkungan dan goodwill/niat baik pada masyarakat.

Konveyor, crusher dan peralatan pengolahan lainnya seringkali dibangun memiliki sistem pengendalian debu, yang secara efektif menekan sebagian besar partikel dengan penggunaan air minimal. Sayangnya, masalah debu kadang masih timbul selama pemuatan, pengangkutan dan operasi lainnya.


Kontrol partikel debu
Peralatan DustBoss dirancang untuk menghasilkan semprotan dikabut tebal, didasarkan pada prinsip menciptakan jutaan tetesan kecil dan mengantarkan debu pada kecepatan yang relatif tinggi mencakup wilayah yang luas, dengan menekan partikel debu dan mendorong debu ke permukaan tanah.

Metode ini telah terbukti cocok untuk mengelola debu dari batubara, batu, bijih dan bahan galian lainnya. Ini juga salah satu dari beberapa teknologi yang mampu memberikan pengendalian debu melalui penangkapan udara dan pembasahan dipermukaan. Sistem DustBoss saat ini melayani di sejumlah fasilitas penambangan dan pengolahan di seluruh dunia, termasuk operasi penyimpanan bahan crushing, dan daur ulang.

Semprotan air atomized portabel untuk pengendalian debu

Sistem Dust BossDesain dimulai dengan serangkaian nozel khusus untuk menyemprotkan suatu cairan air menjadi tetesan 50μm - 200μm dalam ukuran, optimal untuk atraksi partikel. Dalam unit besar, semprotan atomized diluncurkan oleh kekuatan 25 HP fan yang menghasilkan 30.000 CFM (hampir 850m³ per menit), memberikan berbagai 200ft (sekitar 60m) atau lebih.

Hal ini dapat mencakup lebih dari 125.000 ft ² dari satu lokasi, dan perangkat Carriage-mount benar-benar portabel, memungkinkan untuk ditempatkan di mana pun yang paling butuhkan pada setiap hari-hari tertentu. Semua unit yang diproduksi dari bahan-industrial strength, dan dirancang untuk berjalan sepanjang hari tanpa pengawasan. Beberapa pelanggan mengoperasikan peralatan DustBoss mereka 24 jam sehari. Klik Disini untuk detail produk.

Berikut ini dijelaskan secara sepintas masing-masing untuk debu yang ada pada tambang batubara bawah tanah.

Debu Tambang Mine DustDebu pulmonary

Debu pulmonary adalah debu-debu tambang yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit gangguan pernafasan dan penyakit paru-paru berdebu. Debu pulmonary yang berukuran 0,25 – 5 mikron adalah yang paling berbahaya, karena debu-debu dengan butiran sedemikian kecil itu mengambang di udara dan mudah terhisap ketika bernafas, dan selanjutnya debu-debu itu akan mengendap di paru-paru.

Debu pulmonary itu ada beberapa jenis, antara lain:
  1. Debu asbes, penyebab penyakit asbestosis
  2. Debu timah, penyebab penyakit stanosis
  3. Debu batubara, penyebab penyakit anthracosis
  4. Debu silica, penyebab penyakit silicosis.
  5. Debu beracun (Toxic dust)

Debu beracun dapat menyebabkan keracunan akut dan kerusakan kulit. Jenis debu ini antara lain:
  1. Debu arsenic, penyebab keracunan arsen
  2. Debu mangan, penyebab keracunan mangan 
  3. Debu timah hitam, penyebab keracunan timah hitam (timbale)
  4. Debu uranium, penyebab keracunan atau radiasi uranium.
  5. Debu yang dapat meledak (Explosive dust)

Debu tambang ini dapat menimbulkan ledakan pada tambang bawah tanah. Jenis debu ini adalah:
  1. Debu bijih sulfide
  2. Debu pyrite (FeS) 
  3. batubara.
  4. Debu radioaktif

Debu radioaktif ini dapat menyebabkan radiasi, yang menimbulkan kanker kulit, dan keracunan akut. Jenis debu ini antara lain:
  1. Debu uranium
  2. Debu thorium 
  3. Debu titanium 
  4. Debu bahan radioaktif lainnya.
Sebenarnya kebakaran tambang dan ledakan gas atau debu batubara dapat dicegah/tidak akan terjadi jika sistem ventilasi tambang batubara bawah tanah itu cukup baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.