Tinjauan Mata Kuliah


Mata kuliah Manajemen Strategik dirancang untuk menyiapkan mahasiswa agar mampu memahami proses manajemen strategik pada organisasi/perusahaan dalam menghadapi tuntutan stakeholders (pihak-pihak yang berkepentingan) global yang terus-menerus berkembang dan semakin kompleks. Mata kuliah ini disajikan dalam bentuk modul dan terdiri atas sembilan modul yang masing-masing memiliki sasaran tersendiri.

Modul pertama, Manajemen Strategik dalam Organisasi/Perusahaan, membahas pengertian dan ruang lingkup manajemen strategik dalam suatu organisasi atau perusahaan. Pada modul ini mahasiswa diajak untuk memahami pengertian manajemen strategik, pentingnya pemikiran strategik dalam organisasi, berbagai jenis organisasi yang umumnya ada, perbedaan penting di antara berbagai macam organisasi, serta penerapan manajemen strategik dalam organisasi publik dan bisnis (perusahaan). Modul kedua, Proses Manajemen Strategik, Pemangku Kepentingan, Visi, dan Misi dalam Organisasi, membahas bagaimana proses manajemen strategik diterapkan pada suatu organisasi. Mahasiswa diperkenalkan pada pengertian-pengertian stakeholders (pemangku kepentingan), serta visi dan misi pada organisasi. Selanjutnya mahasiswa juga akan diperkenalkan pada cara mengidentifikasi stakeholders (pemangku kepentingan) yang perlu diperhatikan pada suatu organisasi. Pada bagian akhir dari modul ini mahasiswa diajak untuk berlatih merumuskan visi dan misi suatu organisasi.

Modul ketiga, Analisis Lingkungan Eksternal Organisasi, membahas pengertian lingkungan eksternal serta pentingnya lingkungan eksternal suatu organisasi bagi kinerja organisasi tersebut. Mahasiswa diajak untuk memahami dan mengidentifikasi komponen-komponen yang ada dalam lingkungan eksternal suatu organisasi. Selanjutnya dibahas juga bagaimana menganalisis dampak lingkungan eksternal terhadap organisasi. Analisis dampak lingkungan eksternal ini dituangkan dalam bentuk analisis peluang (opportunities) dan ancaman (threats).

Modul keempat, Analisis Lingkungan Internal Organisasi, membahas pengertian lingkungan internal dan pentingnya lingkungan internal organisasi bagi kinerja organisasi tersebut. Mahasiswa diajak untuk memahami dan mengidentifikasi berbagai komponen yang ada dalam lingkungan internal suatu oganisasi. Pada bagian akhir dari modul ini mahasiswa diperkenalkan pada teknik analisis aspek internal organisasi yang tertuang dalam bentuk analisis kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) organisasi.

Modul kelima, Sasaran Jangka Panjang dan Strategi Umum Organisasi, membahas pengertian dan karakteristik dari sasaran jangka panjang dan strategi umum. Mahasiswa akan diberi pemahaman, dan selanjutnya diharapkan akan memiliki kemampuan, tentang bagaimana merumuskan sasaran jangka panjang dan strategi umum pada suatu organisasi, lengkap dengan tolok ukur pencapaian sasaran jangka panjang.

Modul keenam, Analisis dan Pilihan Strategik, merupakan pengintegrasian hasil dari modul tiga dan modul empat. Mahasiswa diperkenalkan pada berbagai teknik analisis untuk mengidentifikasi pilihan-pilihan strategi yang sesuai untuk situasi yang dihadapi organisasi. Teknik-teknik itu adalah SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats), Matriks Pertumbuhan Bagian Pasar BCG, Matriks GE atau IE dan Matriks Strategi Induk yang merupakan paduan dari analisis internal dan eksternal organisasi. Mahasiswa diperkenalkan pada berbagai matriks tersebut yang akan dipergunakan untuk membantu organisasi mengidentifikasi berbagai alternatif strategi yang tersedia bagi organisasi. Pada Modul 6 ini mahasiswa juga diperkenalkan pada Teknik QSPM untuk melakukan pemilihan strategi perusahaan. Dengan teknik ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun urutan prioritas strategi organisasi.

Modul ketujuh, Implementasi Strategi: Aspek Manajemen, Operasi, dan Sumber daya Manusia membahas implementasi strategi yang telah diformulasikan sebelumnya ke dalam berbagai aktivitas manajemen dan fungsi operasi serta fungsi sumberdaya manusia dalam organisasi. Mahasiswa diajak untuk memahami bagaimana peran berbagai elemen manajemen (perencanaan, pengorganisasian dan sebagainya) serta fungsi operasi dalam mewujudkan strategi yang telah diformulasikan secara lebih konkret dan terukur. Tidak lupa, mahasiswa juga diajak untuk memahami bahwa betapapun hebatnya suatu strategi dirumuskan, para pelaku yang diharapkan mengimplementasikan strategi tersebut juga harus menjadi pertimbangan penting. Itu sebabnya, aspek SDM (Sumber Daya Manusia) menjadi bagian penting yang juga dibahas dalam Modul 7 ini.

Modul kedelapan, Implementasi Strategi: Pemasaran, Keuangan/Akunting, R dan D, dan SIM, membahas bagaimana strategi yang sudah dirumuskan di modul sebelumnya diimplementasikan ke dalam aktivitas-aktivitas fungsional pemasaran, keuangan/akunting, R dan D (Research and Development, atau Penelitian dan Pengembangan) serta SIM (Sistem Informasi Manajemen) organisasi. Secara ringkas mahasiswa akan diperkenalkan pada berbagai aktivitas fungsional organisasi di bidang-bidang tersebut. Tentu saja uraian tentang berbagai fungsi ini tidak lengkap karena mahasiswa tentu sudah mendapatkan bahan yang lengkap ketika memelajari berbagai kegiatan fungsional tersebut di modul-modul yang lain. Yang penting di sini adalah para mahasiswa memahami bagaimana keterkaitan antara manajemen strategik dan manajemen fungsional dan bagaimana arah yang dirumuskan dalam manajemen strategik menjadi pedoman atau acuan ketika merancang berbagai strategi fungsional.

Modul kesembilan, Pengendalian Strategi, membahas pentingnya evaluasi dan pengendalian untuk memastikan tercapainya sasaran organisasi. Modul ini membahas tolok ukur pencapaian sasaran, teknik evaluasi strategi, dan hierarki pengendalian pada suatu organisasi. Demikianlah keseluruhan rencana modul mata kuliah Manajemen Strategik. Diharapkan dengan mengikuti dan mendalami setiap modul yang ada mahasiswa akan memiliki pengetahuan dan kompetensi yang dibutuhkan di bidang manajemen strategik dan mampu mengaplikasikannya dalam konteks organisasi yang nyata.

Peta Kompetensi Strategik


Selamat belajar, sukses untuk anda, semoga Tuhan YME membukakan pintu ilmu dan kearifan seluas-luasnya bagi kita semua. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.